Festival Mangga Pemalang

Festival Mangga Pemalang

2 Oktober 2016 Berita Potensi Desa Wisata 0

Desa Penggarit sebagai kampung mangga, akan mengadakan Festival Mangga Pertama kali di Indonesia. Hal ini sebenarnya tidaklah terlalu mengagetkan karena desa Penggarit didukung oleh kurang lebih 51 (lima puluh satu) Ha kebun mangga dan sekitar 10.000 (sepuluh ribu) pohon di pekarangan rumah penduduk.

Selain adanya potensi mangga yang besar, yang mendasari adanya festival mangga ini juga keprihatinan para petani mangga maupun penggiat mangga di Pemalang, bahwa mangga produksi perkebunan Pemalang diakui bahkan di beri merk produk perkebunan dari daerah lain.

Dengan adanya festival mangga Penggarit ini, diharapkan akan membuka mata masyarakat bahwa mangga yang selama ini terkenal manis dan enak itu berasal dari Pemalang.

Menurut Imam Wibowo ” Festival Mangga Penggarit ini merupakan festival mangga pertama kali di Indonesia. Rencananya akan diselenggarakan Sabtu-minggu (5-6/10) awal November 2016, dipusatkan dilapangan desa Penggarit, selain festival tentunya akan digelar produk produk lokal dan Olahan mangga.”

Dalam festival ini, rencananya diadakan semacam prosesi ritual “pengantin mangga”. Akan disandingkan Pangeran Wirasangka dengan Dewi Arumanis. Nama Wirasangka dan Arumanis diambil dari nama jenis mangga yang apabila dikawinkan (melalui okulasi) akan menghasilkan mangga Istana. Pengantin tersebut akan diarak keliling desa mulai dari makam Pangeran Benowo menuju lapangan desa Penggarit. Sampai di lapangan mempelai masuk dalam gunungan mangga. Setelah selesai ritual, mangga yang ada digunungan tersebut akan dibagi bagikan ke pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *