Komisaris BRI Kunjungi Desa Penggarit, Ada Apa Yah??

Desa Penggarit terpilih sebagai salah satu dari 10 desa Program Desa BRILian 2020 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Program Desa BRILian diselenggarakan BRI, bekerja sama dengan bumdes.id, untuk mengawal kondisi perekonomian desa di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Selama program berlangsung, BRI dan bumdes.id menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memulihkan perekonomian desa, memberi literasi dan pelatihan, serta menilai kecakapan desa-desa terpilih atas upayanya untuk tetap maju dan berinovasi selama pandemi. Awalnya, ada 531 desa yang diseleksi BRI untuk terlibat dalam Program Desa BRILian 2020. Dari jumlah tersebut, terpilih 125 desa yang memenuhi empat kriteria di atas. Ratusan desa ini kemudian mengikuti pelatihan dan program peningkatan kapasitas secara daring, sebelum dinilai untuk menentukan 10 desa paling unggul.

Kesepuluh desa terpilih kemudian akan mendapat pendampingan khusus dari BRI bekerja sama dengan Bumdes.id selama 3 bulan. Selain itu, 10 desa tersebut akan menjadi Duta Desa BRILian untuk Program Desa BRILian 2021. Kesepuluh desa tersebut antara lain Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik, Jawa Timur; Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur; Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat; dan Desa Tebara Kecamatan Waikabukak Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Riau; Desa Koto Ranah Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat; Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta; Desa Manjapai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan; dan Desa Menanga Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 26 Nopember 2021 Komisaris BRI Pusat mengunjungi Desa Penggarit. Selain memberikan apresiasi terhadap kerja sama yang terjalin antara pemerintah Desa Penggarit dengan Bank BRI dalam berbagai aspek, Bank BRI juga mengapresiasi terhadap aneka inovasi yang selalu di selenggarakan di Desa Penggarit. Bahkan, Pihak Bank BRI siap selalu mendampingi dan memberikan support apabila Pemerintah Desa Penggarit akan mengembangkan potensi wisata yang ada di Embung Pudhak Wangi.