Posyandu 5 Siklus Kehidupan (Terintegrasi) Desa Penggarit

Jum’at (08/09), Sejak pagi sudah ramai warga masyarakat mendatangi Balai Desa Penggarit. Dari Ibu hamil, Ibu yang menggendong anak Balita, Anak Remaja, termasuk Lansia juga turut hadir di Posyandu 5 Siklus Kehidupan Desa Penggarit.

Bapak Imam Wibowo selaku Kepala Desa Penggarit didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Penggarit Ibu Hesti Sulanjari ikut memantau jalanya kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap bulan.

Dalam posyandy 5 siklus kehidupan sesuai Namanya terbagi menjadi 5 Kelas :

  1. Kelas Ibu Hamil

Kelompok ini terdiri dari ibu hamil yang ada di Desa Penggarit, di Kelas Ibu Hamil di isi dengan edukasi tentang Kesehatan, gizi, senam hamil serta penanganan atau Tindakan para suami Ketika terjadi sesuatu pada ibu hamil.

  1. Kelas Balita

Dalam kelas balita diisi dengan edukasi kepada ibu bagaimana mengangani balita baik dari segi gizi, asi eksklusif, penanganan intelektual dan lain – lain. Mengingat usia balita merupakan masa emas dari pertumbuhan anak.

  1. Kelas Lansia

Kelas Lansia diisi dengan lansia yang memeriksakan kondisi kesehatannya.

  1. Posyandu

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan.

  1. Posbidu

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *