Penggarit Rural Festival 2023, Media Promosi Produk Khas Unggulan Desa Penggarit dan UMKM

Kamis (9/11) Penggarit Rural Festival yang rencananya akan diselenggarakan selama empat hari mulai Tanggal 9 hingga 12 November 2023 menjadi ajang promosi dan motivasi warga Desa Penggarit dalam mengenalkan produk produk unggulan desa salah satunya yakni mangga “istana” yang memang telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo mengatakan, selain mengangkat produk mangga unggulan desanya, festival tersebut juga akan menyuguhkan produk unggulan lain dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diharapkan mampu memberikan efek peningkatan ekonomi warga sekitar.

“Acara ini terselenggara karena memotivasi kami untuk bisa mengangkat produk khas desa utamanya mangga maupun produk unggulan lain berupa UMKM sehingga nanti diharapkan ada efek ekonomis yang bisa dihasilkan”, ucapnya saat pembukaan festival, Kamis (9/11/2023).

Menurut Imam, Kegiatan Festival Mangga yang rutin digelar setiap dua tahun sekali dan terakhir dilaksanakan pada Tahun 2022 kemarin yang rencananya akan dilaksanakan kembali pada tahun 2024 mendatang diganti dengan Penggarit Rural Festival 2023 ini.

“Karena Festival Mangga dilaksanakan Tahun 2024, namun tidak memungkinkan karena ada agenda pemilu maka kami mengganti menjadi Penggarit Rural festival pada tahun (2023) ini,”terangnya.

Mengingat perputaran uang yang sangat luar biasa dalam Festival Mangga 2022 lalu yakni sebesar 1,5 Milyar Rupiah, Imam berharap hal itu akan memberikan dampak positif dalam perekonomian warga Penggarit.

“Terakhir kemarin ketika Tahun 2022 kita melaksanakan Festival Mangga, perputaran uang dalam waktu 2 hari di desa Penggarit mencapai 1,5 Milyar Rupiah”.

“Ini akan berdampak secara ekonomi kepada warga masyarakat Penggarit dan sekitarnya utamanya pada para pelaku UMKM”, pungkasnya.

Sementara itu Bupati Pemalang Mansur Hidayat saat membuka Festival itu mengajak warga masyarakat untuk datang dan meramaikan gelaran tersebut.

” Sampaikan dan ajak keluarga, saudara, teman, kerabat dan tetangga sekitar untuk datang berkunjung sekaligus menikmati berbagai acara dalam Penggarit Rural Festival 2023 ini”.

Rencananya, dalam Festival itu pengunjung akan disuguhkan berbagai macam kegiatan menarik seperti pertunjukan Gending Gista Laras, Jaran Ebeg, Bazzar Mangga dan UMKM, aneka lomba, live musik, grebeg mangga, senam bersama dan orkes melayu. (Narasi : https://pemalangkab.go.id/2023/11/angkat-produk-unggulan-desa-penggarit-gelar-rural-festival-2023 )

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alamat

Jalan Marbhodiono No 18 Desa Penggarit Kec. Taman Kab. Pemalang

Telpon

+62852-2651-7777

Email

penggarit@desakupemalang.id